Selamat datang di situs resmi Pengadilan Negeri Cibinong   Klik Untuk Mendengarkan Teks Selamat datang di situs resmi Pengadilan Negeri Cibinong Pendukung Pengguna Difabel

PENYERAHAN SERTIFIKAT AKREDITASI PENJAMINAN MUTU (SAPM) DAN PIAGAM PENGHARGAAN PEMENANG LOMBA PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP)

on Thursday, 13 September 2018. Posted in Berita

PENYERAHAN SERTIFIKAT AKREDITASI PENJAMINAN MUTU (SAPM) DAN PIAGAM PENGHARGAAN PEMENANG LOMBA PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP)

Ketua Pengadilan Negeri Cibinong Kelas I A, Ibu LENDRIATY JANIS, SH., MH. dengan di dampingi oleh Bapak BAMBANG SETYAWAN, SH., MH. (Ketua PTSP, Humas, Hakim), Ibu TIRA TIRTONA, SH., M.Hum. (Hakim) dan Bapak ENDRI NOVIAN, SE. (Sekretaris), Menghadiri acara penyerahan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM)  kepada satuan-satuan kerja pengadilan yang telah melakukan assesmen internal dan eksternal di Nusa Dua, Denpasar, Senin (10/09/2018). Pada saat bersamaan, juga diserahkan piagam pemenang lomba Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk 4 (empat) lingkungan peradilan yang telah diadakan beberapa waktu lalu.

 

Dalam sambutannya mewakili para direktur jenderal badan peradilan, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Dr. Heri Swantoro, SH., MH menyebutkan bahwa sertifikat akreditasi penjaminan mutu diberikan kepada 12 (dua belas) pengadilan di lingkungan peradilan umum, 91 pengadilan di lingkungan peradilan agama dan 8 pengadilan di lingkungan peradilan militer dan tata usaha negara dengan predikat yang bervariasi.

Sementara itu, untuk piagam pemenang lomba Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), lanjut Heri, diberikan kepada 6 (enam) Pengadilan Tinggi dan 26 (dua puluh enam) Pengadilan Negeri, 15 (lima belas) Pengadilan Agama, 5 (lima) Pengadilan Tata Usaha Negara, dan 5 (lima) Pengadilan Militer. Pengadilan Negeri Cibinong Kelas I A meraih peringkat III untuk lomba Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dengan kategori Pengadilan Negeri Kelas I A.

 

Eksistensi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)

Dalam sambutannya setelah menyerahkan sertifikat dan piagam, Ketua Mahkamah Agung, Yang Mulia Prof. Dr. M. Hatta Ali menjelaskan bahwa PTSP merupakan optimalisasi terhadap layanan administrasi peradilan yang diharapkan meminimalisir terjadinya penyimpangan baik dalam bentuk mal administrasi maupun perilaku-perilaku yang berpotensi mengarah ke perbuatan tercela secara etika dan hukum. “Pelayanan ini bertujuan untuk mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, transparan, terukur sesuai standar yang ditetapkan,” ujar Hatta Ali menambahkan.

Menurut Hatta Ali, PTSP dapat menjadi transformasi dalam pelayanan sektor publik, memangkas mata rantai birokrasi, dan menjadi kontribusi pengadilan dalam mendorong kemudahan berusaha (ease of doing business). Karena itu, lanjut Hatta Ali, banyak hal yang dapat diharapkan dengan adanya PTSP dalam pelayanan pengadilan.

Ia juga berharap sistem ini terus dievaluasi dari waktu ke waktu agar senantiasa dapat dikembangkan. “saya berharap ada evaluasi secara periodik dengan melakukan assessment terhadap kekurangan-kekurangan yang ditemukan selama pelaksanaan sistem ini serta berusaha menutup celah- celah yang ada,” pungkas Hatta Ali.

PN.Cbi/Humas

----- PN CIBINONG SIMPATIK : Sukses Menuju Pengadilan Negeri Cibinong Terbaik ---- PENGADILAN NEGERI CIBINONG WILAYAH BEBAS dari KORUPSI ---- PENGADILAN NEGERI CIBINONG WILAYAH BIROKRASI BERSIH dan MELAYANI ----
Klik Untuk Mendengarkan Teks Pendukung Untuk Pengguna Difabel