Selamat datang di situs resmi Pengadilan Negeri Cibinong   Klik Untuk Mendengarkan Teks Selamat datang di situs resmi Pengadilan Negeri Cibinong Pendukung Pengguna Difabel

Articles in Category: Berita

Tim Reformasi Birokrasi MA-RI Lakukan Uji Petik di Pengadilan Negeri Cibinong

on Tuesday, 19 July 2016. Posted in Berita

 

Melalui proyektor infocus, kemarin, Senin, 18 Juli 2016, mulai pukul 09.00 WIB,bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Cibinong, Dr. Ridwan Mansyur, SH, MH memaparkan secara lengkap road map reformasi birokrasi kepada segenap jajaran Pengadilan Negeri Cibinong. Paparan ini disampaikan sekaitan dengan akan dilakukannya Uji Petik RB di Pengadilan Negeri Cibinong sebagai pendampingan sebelum Tim Nasional PMPRB dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dalam waktu dekat akan melakukan Uji Petik di Pengadilan Negeri Cibinong dan beberapa pengadilan yang ada di wilayah DKI Jakarta, Tangerang dan sebagian pengadilan yang ada di wilayah hukum Jawa Barat.

Dr. Ridwan Mansyur datang bersama tim antara lain Drs. Darwis, M. Eng., Herti Setiawati, SH, MH, Sarno, SH, MH, Drs. H. Rafiudin, MH dan MER Herki Artani, SH, MH, beserta beberapa orang lainya. Mereka akan melakukan Uji Petik terhadap delapan area perubahan RB di Pengadilan Negeri Cibinong yang beberapa hari sebelumnya telah melakukan persiapan atas datangnya tim RB dari Mahkamah Agung tersebut.

Menurut Ridwan Mansyur, jantung penilaian mandiri RB adalah pelayanan masyarakat yang diukur dengan implementasi delapan area perubahan. Menurutnya, elemen penilaiannya adalah adanya dokumen pendukung sebagai bukti telah melakukan suatu kegiatan RB, khususnya dalam bentuk keputusan ketua pengadilan atau dokumen lainnya. “Seluruh komponen pekerjaan harus satu ketukan”, demikian Ridwan menggambarkan betapa di antara delapan area perubahan itu tidak ada yang istimewa, kecuali area tentang penguatan pengawasan yang tidak lain adalah merupakan jantung dari 7 area pengungkit lainnya.

Sebelum Ridwan Mansyur menyampaikan paparannya, ketua pengadilan, Barita Sinaga membuka briefing dengan menjelaskan tujuan kedatangan Tim RB MA-RI tersebut untuk melakukan Uji Petik RB di Pengadilan Negeri Cibinong sebagai persiapan menyongsong turunnya Tim RB Nasional dari Kemenpan & RB dalam waktu dekat. Yang menurut Ridwan, penilaian uji petik ini adalah sekaitan dengan rencana kenaikan remunerasi pegawai pengadilan non hakim. Jika Kemenpan menilai ada peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya, hampir dapat dipastikan seluruh pegawai pengadilan nantinya akan menerima remunerasi 90 persen bahkan sampai 100 persen.

Di penghujung penyampaian amanatnya, Ridwan Mansyur menekankan agar seluruh warga Pengadilan Negeri Cibinong tanpa kecuali, mulai dari yang terendah sampai yang tertinggi wajib berkomitmen untuk mereformasi diri untuk mengutamakan aspek pelayanan terhadap pencari keadilan.

Setelah Ridwan Mansyur selesai menyampaikan amanatnya, lalu ketua menutup pertemuan dengan mengutip beberapa poin penting dari apa yang dipaparkan oleh Ridwan Mansyur, antara lain adalah bahwa inti dari reformasi birokrasi adalah kesediaan mental pribadi ASN (aparatur sipil negara) untuk merubah pola pikir dari yang tadinya berorientasi kepada kepentingan pribadi menjadi kepentingan pelayanan publik. Apa yang disampaikan Ridwan Mansyur, menurut Barita Sinaga adalah substansi dari reformasi birokrasi di lembaga peradilan. “Untuk itu, mari kita beri aplaus kepada Dr. Ridwan Mansyur”, tutup Barita Sinaga, yang diiringi dengan tepuk tangan dari seluruh peserta briefing.

 

 

 

Selanjutnya Tim RB MA-RI melakukan Uji Petik dengan melihat hasil uji petik sendiri yang dilakukan tim RB Pengadilan Negeri Cibinong. Dan setelah dilakukan Uji Petik, ternyata masih ada kekurangan, khususnya mengenai aspek pendokumentasian setiap kegiatan, seperti keputusan ketua, maupun para pejabat struktural maupun fungsional yang ada di pengadilan. Kekurangan tersebut dalam waktu yang tidak terlalu lama, menurut Ridwan Mansyur harus sudah dilengkapi agar nantinya ketika Tim RB Nasional turun, kekurangan sudah dapat diperbaki, sehingga remunerasi pegawai pengadilan menjadi 100 persen.

Setelah selesai dari Pengadilan Negeri Cibinong, Tim RB MA-RI akan melanjutkan kunjungannya ke Pengadilan Agama Cibinong yang tidak jauh dari Pengadilan Negeri Cibinong, dan setelah itu masih akan melanjutkan kunjungannya lagi ke Pengadilan Negeri Bogor untuk melakukan hal yang sama

(pncbi/ IT/bs)

Mari Kita Sambut Tim Uji Petik Reformasi Birokrasi

on Friday, 15 July 2016. Posted in Berita

Apel sore Pengadilan Negeri Cibinong

Jumat, 15 Juli 2016, pukul 17.00 wib, PN Cibinong menyelenggarakan apel sore. Masih di bawah sorotan matahari petang yang tajam, apel sore yang dipimpin oleh Ketua, Barita Sinaga dan dihadiri oleh seluruh warga pengadilan, kecuali ada beberapa orang yang berhalangan hadir karena alasan yang sangat penting, tersebut berlangsung sekitar 30 menit dan tertib menyimak amanat ketua.

Hal pertama yang disampaikan oleh ketua adalah tentang sejauh mana hasil pekerjaan tim RB PN Cibinong yang sudah mulai bekerja sejak kemarin, 14/07/2016 dalam menyongsong kedatangan Tim Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung RI 2015 Senin dan Selasa lusa (18 dan 19 Juli) untuk secara serentak melakukan Uji Petik RB terhadap pengadilan tingkat pertama pada empat lingkungan peradilan yang berada di wilayah hukum DKI Jakarta dan Jawa Barat, sebelum nantinya Tim RB dari Kemenpan datang melakukan monitoring dan evaluasi sejauh mana pengadilan tingkat pertama telah mereformasi dirinya sendiri, termasuklah PN Cibinong.

Ketua Pengadilan Negeri Cibinong, Barita Sinaga, S.H., M.H., memimpin apel sore

Dari amanat ketua dapat disimpulkan betapa dua hari ini seluruh warga pengadilan, khususnya tim RB telah memaksimalkan usahanya untuk melengkapi seluruh dokumen pendukung RB di PN Cibinong, meskipun nantinya masih akan ditemukan kekurangan disana-sini, namun hal tersebut, menurut ketua jangan sampai menyurutkan semangat kita untuk tetap memperbaiki kinerja organisasi ini demi peningkatkan pelayanan publik yang maksimal sehingga nantinya akan terwujud pelayanan peradilan yang prima di PN Cibinong.

“Kalau perlu mari kita masuk kantor besok, Sabtu untuk dapat lebih memaksimalkan apa yang masih harus kita lengkapi”, kata ketua di tengah amanatnya. “Tim RB yang delapan area, yang dipimpin oleh masing-masing kordinatornya, agar jangan kendur melengkapi apa-apa yang kurang, yang nantinya dokumen-dokumen yang kita kumpulkan tersebut akan kita masukkan ke masing-masing map bertuliskan mulai Area I s/d Area VIII, dan selanjutnya kita serahkan lusa ke Tim RB yang melakukan Uji Petik RB di PN Cibinong”, lanjut ketua.

Selain itu, ketua juga menyinggung masalah kedisiplinan para panitera penggganti menyelesaikan setiap minutasi. “Tadi siang, saya sudah mendatangi panitera pengganti secara satu persatu menanyakan apa permasalahannya sehingga minutasi belum selesai”, kata ketua. “Dari pemantauan saya, dan dari interviu dengan para panitera pengganti, saya sudah dapat memetakan dimana letak hambatan minutasi itu”, lanjutnya lagi.

Menurut ketua, hambatan itu, bukan saja terletak pada panitera pengganti, melainkan juga pada hakimnya. “Untuk itu, sekali lagi, saya harapkan mari kita  tingkatkan kualitas kinerja kita. Dan satu-satunya cara mengatasi permasalahan minutasi, selain faktor kesiapan putusan, adalah dengan cara agar setiap panitera pengganti jangan menunda sampai besok untuk mengetik berita acara setiap selesai sidang. “Alasan karena banyak perkara yang ditangani adalah suatu jawaban yang sama sekali tidak relevan, karena justru banyaknya berkas perkara yang saudara pegang sehingga menjadi “harga mati” untuk menyelesaikan berita acara sidang setip selesai persidangan”, kata ketua. “Justru semakin ditumpuk penyelesaian minutasi akan semakin menambah beban bagi panitera pengganti nantinya”, lanjut ketua.

Di akhir amanatnya, ketua tidak lupa memberikan apresiasi terhadap seluruh warga pengadilan yang ternyata memiliki komitmen yang tinggi untuk senantiasa akan menunaikan tugasnya dengan baik. “Saya yakin, suatu saat nanti, Pengadilan Negeri Cibinong akan benar-benar tampil sebagai pengadilan percontohan yang patut disegani”, pungkas ketua di akhir amanatnya

 

(Tim IT/bs).

 

Ketua Pengadilan Negeri Cibinong Sosialisasikan Reformasi Birokrasi MA-RI

on Thursday, 14 July 2016. Posted in Berita

Ketua Pengadilan Negeri Cibinong mensosialisasikan Reformasi Birokrasi MA-RI didampingi Panitera dan Sekretaris

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Uji Petik Evaluasi Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung RI 2015 yang akan dilaksanakan pada pengadilan seluruh wilayah Jabodetabek dan wilayah Jawa Barat, Mahkamah Agung Republik Indonesia telah mengundang para Ketua Pengadilan tingkat banding, Ketua Pengadilan tingkat pertama pada empat lingkungan peradilan, termasuk Panitera, Sekretaris, Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan serta para Panitera Muda untuk menghadiri rapat persiapan bertempat di Ruang Wiryono (Lt. II) Gedung Mahkamah Agung R.I. guna melakukan persiapan dan melengkapi bukti-bukti (evidence) PMPRB berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 14 Tahun 2014.

Dalam rapat yang dihadiri sebanyak 41 Satker pada empat lingkungan peradilan se wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat tersebut, Tim Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung R.I (Tim RB MA-RI) yang diketuai oleh Jeanny H. V. Hutauruk, SE, MM, Ak, CA tersebut telah memberikan bimbingan dan pengarahan kepada peserta undangan yang mengacu kepada delapan area perubahan, yaitu: Manajemen Perubahan (Area I), Penataan Peraturan Perundang-undangan (Area II), Penataan dan Penguatan Organisasi (Area III), Penataan Tata Laksana (Area IV), Penataan Sistem Manajemen SDM (Area V), Penguatan Akuntabilitas (Area VI), Penguatan Pengawasan (Area VII), dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Area VIII). Ke delapan area perubahan inilah yang menjadi sasaran pokok dari Reformasi Birokrasi tersebut.

Ketua Pengadilan Negei Cibinong memaparkan materi Reformasi Birokrasi MA-RI

Mengenai apa yang dimaksud dengan Reformasi Birokrasi MA-RI serta apa tujuannya telah dijelaskan dengan lengkap oleh Nurhadi, Sekretaris Mahkamah MA-RI, yang tidak lain tujuannya adalah memperkuat delapan area perubahan tersebut, dimana panduannya telah dituangkan dalam Road Map Reformasi Birokrasi MA-RI. Hingga saatnya nanti, peradilan yang agung akan terwujud, sebagaimana dimaksud dalam Cetak Biru Lembaga Peradilan 2010-2035.

Dalam kaitan pelaksanaan Uji Petik Evaluasi Reformasi Birokrasi MA-RI tersebut, ketua Pengadilan Negeri Cibinong, hari ini, Kamis, 14 Juli 2016,  pukul 09.00 wib, bertempat di Ruang Kusumah Atmadja Pengadilan Negeri Cibinong telah melakukan sosialisasi Reformasi Birokrasi MA-RI, sebagai bahan pokok dan panduan guna mempersiapkan segala persyaratan bukti-bukti (evidence) terkait dengan reformasi birokrasi di tubuh lembaga peradilan khususnya di Pengadilan Negeri Cibinong. Dalam pemaparannya, Barita Sinaga menyampaikan kembali kepada seluruh warga Pengadilan Negeri  Cibinong, tentang apa yang telah disampaikan sebelumnya oleh Tim Reformasi Birokrasi MA-RI.

Sebelumnya, Ketua Pengadilan Negeri Cibinong telah menerbitkan surat keputusan Nomor W11-U20/2378/OT.01.3/VII/2016, tanggal 11 Juli 2016, tentang Pembentukan Tim Reformasi Birokrasi Lembaga Peradilan di Pengadilan Negeri Cibinong, sehingga pada saat Ketua menyampaikan sosialisasinya, langsung dirangkaikan dengan pembagian tugas memperisapkan bukti-bukti pendukung (evidence) dari delapan area perubahan, yang nantinya dipimpin oleh masing-masing Koordinator Kelompok Kerja, sebagaimana yang ditetapkan dalam surat keputusan tersebut.

Dalam rapat tersebut, dibagikan delapan map berisi petunjuk/cek list kepada masing-masing Area, agar dapat dengan segera mempersiapkan diri, melakukan rapat koordinasi untuk selanjutnya melakukan evaluasi terhadap bukti-bukti dokumen pendukung yang sudah ada di Pengadilan Negeri Cibinong, apakah masih tetap relevan dipakai atau sudah direvisi. Dari hasil evaluasi masing-masing Area ini nantinya akan diketahui kekurangan dan apa yang masih perlu disempurnakan.

Selanjutnya, guna adanya pendamping Tim RB MA-RI yang datang ke Pengadilan Negeri Cibinong pada hari Senin dan Salasa, tanggal 18 dan 19 Juli 2016, pada hari itu juga dibentuk personil yang nantinya akan mendampingi Tim RB MA-RI  ketika mereka datang ke Pengadilan Negeri Cibinong pada hari Senin dan Selasa, tanggal 18 dan 19 Juli 2017 yang akan datang.

Para hakim dan pegawai menyimak pemaparan Ketua Pengadilan Negeri Cibinong

Di akhir amanatnya Ketua mengharapkan dengan sangat agar tim Reformasi Birokrasi dapat bekerja secara maksimal, sehingga memberikan hasil yang maksimal pula. Antara lain hasil yang dapat kita petik nantinya dengan maksimalnya hasil pekerjaan kita akan menaikkan remunerasi menjadi 100 persen. “Selain itu, tidak ada alasan bagi kita warga Pengadilan Negeri Cibinong untuk tidak mendukung reformasi birokrasi ini, karena sebagaimana yang disampaikan oleh Seketaris Mahkamah Agung, Nurhadi, dimana surat keputusan menaikkan klas Pengadilan Negeri Cibinong bersama delapan puluhan pengadilan negeri lainnya, sudah ditandatangani oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara”, pungkas Ketua yang disambut dengan tepuk tangan seluruh warga pengadilan.

(pncbi/IT/bs)

----- PN CIBINONG SIMPATIK : Sukses Menuju Pengadilan Negeri Cibinong Terbaik ---- PENGADILAN NEGERI CIBINONG WILAYAH BEBAS dari KORUPSI ---- PENGADILAN NEGERI CIBINONG WILAYAH BIROKRASI BERSIH dan MELAYANI ----
Klik Untuk Mendengarkan Teks Pendukung Untuk Pengguna Difabel