Selamat datang di situs resmi Pengadilan Negeri Cibinong   Klik Untuk Mendengarkan Teks Selamat datang di situs resmi Pengadilan Negeri Cibinong Pendukung Pengguna Difabel

LAUNCHING e-PANJAR DAN PERESMIAN PTSP PENGADILAN NEGERI CIBINONG KELAS IA

on Wednesday, 10 January 2018. Posted in Berita

LAUNCHING e-PANJAR DAN PERESMIAN PTSP PENGADILAN NEGERI CIBINONG KELAS IA

Pengadilan Negeri Cibinong Kelas IA, merilis sistem pembayaran panjar perkara dalam jaringan (online) atau dikenal dengan nama e-Panjar, Rabu . Peluncuran ini dilakukan sebagai salah satu upaya menuju peradilan unggul dan modern melalui pengembangan layanan berbasis teknologi informasi (TI).

Ketua Pengadilan Negeri Cibinong Kelas IA, Ibu LENDRIATY JANIS, S.H., M.H. menjelaskan, Kabupaten Bogor merupakan inisiator sistem aplikasi ini. "Belum ada daerah lain yang menerapkan konsep serupa," ujarnya saat peluncuran e-Panjar yang sekaligus dibarengi dengan rilisnya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di PN Cibinong Kelas IA.

Melalui e-Panjar, keterbukaan dan transparansi menjadi poin prioritas. Penggugat atau pemohon dapat mengetahui biaya perkara yang telah dipergunakan dan untuk apa biaya tersebut melalui surat elektronik, SMS atau pun surat kepada perkara.

Ketua Pengadilan Negeri Cibinong Ibu Lendriaty Janis, S.H., M.H. menambahkan, dalam aplikasi ini, penggugat juga bisa memilih jika masih ada dana atau panjar biaya perkara yang lebih. "Kelebihan ini bisa dikembalikan langsung ke penggugat, baik melalui rekening bersangkutan atau diambil sendiri ke Pengadilan. Keputusan sesuai kesepakatan saat awal mendaftarkan perkara," ucapnya.

Dengan sistem seperti ini, Pengadilan Negeri Cibinong Kelas IA bisa menghindari adanya biaya panjar perkara yang tidak diambil atau mengendap di Pengadilan. Transparansi juga membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum ini.

Menurut Ketua Pengadilan Negeri Cibinong Kelas IA Ibu LENDRIATY JANIS, S.H., M.H., keadilan bukan sekadar berbicara keputusan hasil persidangan, melainkan juga dibentuk bagaimana pencari keadilan diperlakukan. Termasuk di antaranya bagaimana mereka berinteraksi dengan pihak pengadilan untuk mendapatkan keadilan yang mereka harapkan. Melalui e-Panjar, interaksi ini bisa diaplikasikan.

Melalui e-Panjar dan PTSP, pelayanan Pengadilan Negeri Cibinong Kelas IA akan lebih pasti dari berbagai aspek, termasuk waktu dan biaya. "Para penggugat bisa memantau dan mempertanggungjawabkan proses yang tengah dan akan berjalan," tuturnya.

Sistem e-Panjar merupakan kelanjutan dari program aplikasi Surat Kuasa Untuk Membayar secara elektronik atau e-SKUM yang sudah pernah diterapkan Pengadilan Negeri Pekanbaru. Melalui sistem ini, penggugat atau pemohon dapat menghitung sendiri biaya perkaranya.

Direktur Jendral Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung, Bapak Herri Swantoro, S.H., M.H. mengapresiasi atas inovasi yang dilakukan Pengadilan Negeri Cibinong Kelas IA. "Aplikasi e-Panjar ini saya lihat akan mempermudah masyarakat dalam mendapat pelayanan dan keadilan," tuturnya.

PN.Cbi/Humas

----- PN CIBINONG SIMPATIK : Sukses Menuju Pengadilan Negeri Cibinong Terbaik ---- PENGADILAN NEGERI CIBINONG WILAYAH BEBAS dari KORUPSI ---- PENGADILAN NEGERI CIBINONG WILAYAH BIROKRASI BERSIH dan MELAYANI ----
Klik Untuk Mendengarkan Teks Pendukung Untuk Pengguna Difabel